Meditasi

Letting Go



Menyerap Dhamma

Ketika Anda mendengarkan Dhamma, anda harus membuka hati dan menempatkan diri di tengah. Jangan mencoba menghimpun apa yang anda dengar atau berusaha keras untuk menyimpan apa yang anda dengar melalui ingatan. Biarkan saja Dhamma mengalir ke dalam hati anda saat ianya muncul, dan biarkan diri anda terus terbuka terhadap arus dalam momen saat ini. Apa … Continue reading “Menyerap Dhamma”

Penyadaran pada Obyek

Saat berlatih meditasi, kita mengambil obyek, seperti pernapasan masuk dan keluar, sebagai landasan kita. Ini menjadi fokus perhatian dan perenungan kita. Kita memperhatikan pernapasan. Memperhatikan pernapasan berarti mengikuti pernapasan dengan kesadaran, mencatat alunannya, masuk dan keluarnya. Kita meletakkan kesadaran pada pernapasan, mengikuti napas masuk dan keluar secara alami dan melepaskan semua yang lainnya. Sebagai hasil dari menetap pada satu objek kesadaran, pikiran … Continue reading “Penyadaran pada Obyek”

Kerap Kali Direnungkan

Dalam ajaran yang saya yakini, ada anjuran perenungan terhadap ketidak-kekalan. Entah kenapa saya cukup menyukainya dan sering merenungkannya dulu sebagai pengantar meditasi. Saya hanya merasa perenungan ini membawa kita kembali pada kenyataan yang lebih membumi dan hakiki – dan membawa ketenangan yang mengheningkan. Mungkin karena itu, dianjurkan untuk kerap kali direnungkan – bhinhapaccavekkhana. Aku akan … Continue reading “Kerap Kali Direnungkan”

Letting Go 101

Tulisan ini disari dari obrolan di WA Group. Sebenarnya tulisan ini harusnya sudah rampung lebih awal. Kejadiannya sendiri sekitar bulan October tahun 2020, tapi tertunda karena kesibukan kerja, juga karena banyaknya bahan, dan mendalamnya bahasan. Istilah 101 seharusnya hanyalah ‘pengantar’ dari ‘letting go‘ atau ‘melepas’, namun tak terhindari menjadi topik yang ‘serius’. Letting Go menjadi … Continue reading “Letting Go 101”

Selamat Jalan Romo Han Cing

Meski tidaklah dekat, saya telah mengenal Romo Han Cing (Harpan Aguswan) dan istrinya Ce Suk Cen (Rusmiati Zen) sewaktu merantau dan studi di Palembang di penghujung tahun 1980-an hinga awal 1990-an saat sering beraktivitas di Vihara Dharmakirti. Yang paling mengesankan bagi saya adalah kepribadian Romo Han Cing yang sangat sederhana. Meski telah tiga puluhan tahun … Continue reading “Selamat Jalan Romo Han Cing”

Penerbangan JG-000

Bukan Ajahn Brahm kalau tidak membawa sesuatu atau memfasilitasi ide-ide kreatif yang out-of-the-box. Atas ide Bhante Bodhidhaja, video tentang meditasi yang analogikan dengan pesan keselamatan dalam penerbangan yang selalu kita dengar dari kru kabin sebelum tinggal landas. Bhante ada sebutan untuk biarawan Buddhis. Video ini menjadi kocak dan menghibur, dan pada saat yang sama dengan … Continue reading “Penerbangan JG-000”


Follow My Blog

Get new content delivered directly to your inbox.