Meditasi

Letting Go



Happy Birthday Ajahn Brahm

Ajahn Brahm begitu dicintai oleh murid-muridnya. Di ulang tahunnya yang ke-70 tahun ini, murid-muridnya di seluruh dunia lintas bangsa dari berbagai kalangan baik monastik (bhikkhu/bhikkhuni) maupun orang awam, baik buddhis dan non-buddhis, bersama-sama merayakannya. Berbagai program diselenggarakan, diantaranya adalah lelang barang bekas pakai Ajahn Brahm untuk penggalangan dana pembangunan pusat meditasi di Melbourne, penerbitan buku, … Continue reading “Happy Birthday Ajahn Brahm”

A Year of Passing

Facebook tidak lagi meneruskan fasilitas blogging di Note. Untuk itu, saya pindahkan tulisan yang ditulis April 2016. Tulisan aslinya masih dalam Bahasa Inggris. https://www.facebook.com/notes/lim-eka-setiawan/a-year-of-passing/10154091132429035/ — 0 — Saat itu satu tahun peringatan wafatnya ibu saya (2016). Sewaktu di Perth, saya memohon kepada Ajahn Brahm untuk bersedia melakukan doa pelimpahan jasa untuk mendiang ibu saya. Beliau … Continue reading “A Year of Passing”

Selamat Jalan Meme/Phopho

Facebook tidak lagi meneruskan fasilitas blogging di Note. Untuk itu, saya pindahkan tulisan di Facebook Notes yang ditulis pada Mei 2015 di sini. https://www.facebook.com/notes/10158816056443197/ — 0 — Meski kita tahu ini tidak terhindarkan, berpisah dengan orangtua akan selalu membawa kesedihan. Ibu saya, yang kami panggil Meme oleh anak-anaknya and Phopho oleh cucu-cucunya, telah meninggal dunia … Continue reading “Selamat Jalan Meme/Phopho”

Perenungan di Usia 55 Tahun

Semalam saya ‘dikerjain’ dengan satu acara kejutan ulang tahunku. Semula aku kira hanya makan malam keluarga bertiga dengan isteri dan putri kami di sebuah restoran Asia. Ternyata ada ‘persekongkolan’ antara istriku dengan berapa teman dekat tanpa sepengetahuanku. Saat kami sampai di restauran, ketika menuju ke meja, aku sekilas aku melihat salah satu teman di situ, … Continue reading “Perenungan di Usia 55 Tahun”

Menyerap Dhamma

Ketika Anda mendengarkan Dhamma, anda harus membuka hati dan menempatkan diri di tengah. Jangan mencoba menghimpun apa yang anda dengar atau berusaha keras untuk menyimpan apa yang anda dengar melalui ingatan. Biarkan saja Dhamma mengalir ke dalam hati anda saat ianya muncul, dan biarkan diri anda terus terbuka terhadap arus dalam momen saat ini. Apa … Continue reading “Menyerap Dhamma”

Penyadaran pada Obyek

Saat berlatih meditasi, kita mengambil obyek, seperti pernapasan masuk dan keluar, sebagai landasan kita. Ini menjadi fokus perhatian dan perenungan kita. Kita memperhatikan pernapasan. Memperhatikan pernapasan berarti mengikuti pernapasan dengan kesadaran, mencatat alunannya, masuk dan keluarnya. Kita meletakkan kesadaran pada pernapasan, mengikuti napas masuk dan keluar secara alami dan melepaskan semua yang lainnya. Sebagai hasil dari menetap pada satu objek kesadaran, pikiran … Continue reading “Penyadaran pada Obyek”


Follow My Blog

Get new content delivered directly to your inbox.